Minggu, 07 Agustus 2011

Teman adalah Harta

hei kalian para blogger,, pernah ga kalian kehilangan teman atau sahabat? gue pernah lohh, dan itu sangat menyedihkan, akhir-akhir ini gue sering banget inget sama sahabat-sahabat lama gue, maka dari itu gue pengen banget berbagi cerita sama kalian tentang sahabat-sahabat gue dan bagaimana cerita disaat mereka pergi meninggalkan gue. Disini gue akan cerita sahabat-sahabat gue yang datang di waktu dan masa yang berbeda, dan pergi di waktu dan masa yang berbeda pula.

1. RINA

waktu gue masi kecil gue punya temen namanya Rina, jadi Rina ini anaknya pembantu gue, ibunya Rina suka bantu-bantu nyuci, masak, nyetrika, beres-beres di rumah gue, rumah Rina jg ga jauh dari rumah gue, kalo ibunya rina lagi kerja di rumah gue pasti Rina ikut dan kita main bareng, main masak-masakan lah, rumah-rumahan, congklak, boneka, dsb. Rina umurnya 1 tahun diatas gue, dia juga punya adik, namanya Rita, yang umurnya 2 tahun dibawah gue atau sekitar 3 tahun dibawah Rina. kita sering main bertiga, tapi gue lebih akrab sama Rina, sampe suatu hari gue punya cerita lucu sama dia. waktu kita lagi main rumah-rumahan, ceritanya waktu itu gue jadi anaknya Rina, terus waktu itu ceritanya malem, pura-pura lah tidur, beberapa menit kemudian ceritanya udah pagi nih,, Rina bangunin gue,, ceritanya Rina itu nyuruh anaknya berangkat sekolah, tapi pas dia bangunin gue, gue malah ketiduran beneran. sampe akhirnya Rina pulang ke rumahnya karna gue ga mau bangun pas dibangunin. itu lucuuuuuuu bgt kalo di inget-inget. dan saat gue bangun ternyata gue baru inget kalo tadi lagi main rumah-rumahan sama Rina, gue liat Rina udah ga ada. kata ibu gue Rina pulang karna tadi waktu dia bangunin gue, gue nya ga bangun, hihihi maaf yah Rina ! dan masi banyak kenangan gue sama Rina, intinya kita akrab bgt, dia itu nganggep gue seperti adiknya sendiri, dia pasti marah kalo gue nakal, dia pasti seneng kalo gue jadi anak manis dan nurut sama orang tua, pokonya dia sayang bgt sama gue dan gue jg sayang sama dia, meskipun waktu kecil temen gue bukan dia aja, tapi gue paling akrab sama rina, sampe pada suatu hari kita pisah, Rina pindah rumah ke Ciomas, gue sediiiiiihhhhhh bgtttt !!! meskipun Ciomas itu masi daerah Bogor tapi saat itu gue bener-bener sedih. rasanya ga ikhlas dan ga rela bgt kalo rina harus pergi, waktu itu gue kelas 3 SD dan rina kelas 4 SD, gue bener2 nangis banget waktu dia pindah, ibu gue tau gue sedih bgt, ibunya Rina pun tau kalo Rina jg sedih, akhirnya ibunya Rina ngajak gue dan ibu untuk ikut anter pindahan ke Ciomas, akhirnya gue dan nyokap ikut nganter kepindahannya Rina. sampe di rumahnya di Ciomas gue ga mau pulang, waktu itu emang kebetulan lagi liburan sekolah,, akhirnya gue nginep 3 hari di tempat Rina, tapi setelah dari situ gue bener-bener ga ketemu lagi sama Rina, dulu kan ga secanggih jaman sekarang, dulu belum ada HP, telepon udah ada, tapi Rina ga punya telepon, jd gue ga bisa hubungin dia, meskipun gue di rumah punya telepon tapi ternyata Rina ga pernah hubungin gue, gue sedih bgt.

Waktu pun terus berjalan, lulus SD gue ga tinggal di Bogor, SMA pun gue ga di Bogor. jadi gue jarang pulang ke rumah, tapi tiap liburan sekolah gue selalu pulang ke Bogor karena emang rumah gue di Bogor dan orang tua jg di Bogor, singkat cerita waktu itu lagi liburan sekolah, gue naik kelas 2 SMA, gue pulang ke bogor, dan ga sangka ternyata Rina main ke rumah, YA Tuhaaaaannnnn rasanya kaya mimpi didatengin temen lama, awalnya di depan rumah ada yang ketok-ketok pintu dan ngucapin salam, trus ibu keluar ngeliat ada tamu dan tau itu Rina ibu langsung ke kamar gue dan bilang kalo Rina dateng,, huuaaaaaa gue senengggg bgt !! dia emang sengaja main ke rumah, ternyata dia tau kalo dari sejak lulus SD gue ga di Bogor, makanya dia sempetin main pas lagi liburan sekolah karna gue pasti pulang ke Bogor, dia jg tau kalo gue dan keluarga masih tinggal di rumah yang dulu, kalo pun gue dan keluarga udah pindah dari rumah itu dia pasti bakal tanya ke tetangga untuk cari tau dimana keberadaan gue, makanya dia fikir kedatangan dia ga akan sia-sia karna pasti ada jalan. akhirnya kita ngobrol-ngobrol, cerita-cerita, gossip, dsb. Rina kasi nmr HP. dan dia juga bilang kalo waktu itu dia udah ga di Ciomas lagi, rumahnya pindah ke daerah Pajajaran, tepatnya di belakang rumah sakit PMI. cuma gue ga dikasi alamatnya, mungkin karna dia fikir dia udah kasi nmr hp jd kalo gue mau main gampang tinggal sms ato telepon, dia juga bilang kalo dia sekolah di SMA 2, dia nanya kenapa gue ga sekolah di Bogor, pokonya banyak deh yang kita obrolin.dan ini jadi pertemuan yang menyenangkan bagi kita berdua :)

tapi setelah kita ketemu hari itu sampai saat ini gue ga pernah lagi ketemu Rina, nmr hp yang dia kasi ga aktif dan ga bisa dihubungi, dia sekarang ada dimana jg gue ga tau, hiikksss :'( Rina where are you ? i miss you so much ! i miss your smile, your hug, your laugh...... miss you more ! Rina kalo suatu saat lo baca blog ini gue pengen lo tau kalo betapa kangennya gue sama lo,, banyak banget yang pengen gue ceritain sma lo, gue harap suatu saat lo masi ada niat untuk silaturahmi lagi ke rumah gue, karna pintu rumah gue akan selalu terbuka buat lo. gue ga tau harus cari lo kemana, waktu kamu main ke rumah, kamu cuma kasi nmr hp, kamu ga kasi alamat rumah,,, jd aku harus cari kamu kemana RINA???


2. MAYRANI

dan yang akan gue ceritain selanjutnya adalah temen gue SMA namanya Mayrani atau biasa dipanggil Rani, awalnya cuma berteman biasa, tapi lama kelamaan kita jadi akrab, kita sekelas waktu kelas 1 tapi ga duduk sebangku, tapi kita justru lebih akrab dari temen sebangku kita masing-masing. Rani ini orangnya tomboy bgt, gayanya kaya cowo, suaranya jg ngebas kaya cowo, tapi dia cengeng, bahkan lebih cengeng dari gue, semenjak gue kenal Rani gue jd mikir kalo ternyata ada jg orang yang lebih cengeng dari gue.. hhhehehe padahal hampir setiap orang yang kenal sama gue bilang kalo gue ini cengeng.

rani ini terlahir dari keluarga broken home, mungkin itu salah satu timbulnya sifat tomboy dia, karna dia ingin memiliki sifat melindungi, hampir semua curhatan dia pasti tentang keluarga, selalu dan selalu tentang keluarga, mungkin 80% curhatannya ke gue ttg keluarga, sisanya yah cerita-cerita yang lain. 

keakraban gue sama Rani hampir disalah artikan sama temen-temen gue yang lain, mereka menganggap kalo kita ini lesbi, mungkin karena ngeliat gaya Rani yang tomboy kaya cowo bgt dan kita sering jalan berdua jd temen-temen kira kita ini lesbi, gue sama Rani sih santai aja nanggepinnya, malah kadang suka disengajain sama Rani, dia peluk-peluk gue, pegang tangan gue biar orang2 makin penasaran, hahaha ada-ada aja tuh orang.

Naah suatu hari ada seseorang yang keliatanya ga suka kalo gue berteman sama Rani, sebut aja intan (bukan nama asli), jadi intan ini temen sekelas gue juga, kayanya dia iri sama gue karna gue deket sama Rani. ga tau pake pelet dan jurus apa akhirnya rani juga jd akrab sama intan, gue emang sempet sedih sih saat itu, gue merasa kok Rani kalo lagi sedih datengnya ke gue, tapi giliran seneng2 dia main sama yang lain, tapi ya udahlah biarin aja, itu manusiawi, gue fikir suatu saat Rani pasti bakal jelasin alesannnya ke gue. dan bener aja kan,, tiba-tiba dia kirim surat ke gue yang ditulis di buku biologi gue di halaman paling belakang, isi suratnya: "cilla lo marah ya sama gue? lo marah karna gue main sama intan? lo marah karna gue selalu nyusahin lo? cilla apa yang lo liat belum tentu sama dgn apa yang lo pikir, gue emang deket sama intan, tp gue merasa tetep lo sahabat gue, pliss yah cilla jangan sedih, cilla jangan marah, Rani sayang cilla" pulang sekolah gue malah nangis baca surat dari Rani, emang dasar gue itu cengeng gitu aja nangis, padahal apa coba yang harus ditangisin, tapi tetep aja sedih hiksss,,,, setelah dari situ gue bersikap lebih dingin sama Rani, gue ngebiarin dia memilih lebih nyaman sama siapa dia main, kalo emang dia ga nyaman berteman sama gue ya udah gpp, maaf kalo emang gue ga bisa bikin lo nyaman,,

kayanya Rani mulai ngerasa kalo gue sekarang jd dingin sama dia, dia coba untuk ngobrol sama gue, seolah ga punya dosa dia dateng ke bangku gue dengan seenaknya, trus dia bilang "cilla gimana niiihh,, gue lagi suka sama cowo, anak kelas sebelah, bantuin dong, lo cari tau gitu namanya siapa, trus salamin dari gue" naaah kan gue jd semakin mikir rani itu emang kalo lagi susah aja deketin gue, tapi ya udah lah gue tetep bantu dia, gue comblangin dia, pokonya sampe akhirnya mereka pun jadian, sorry gue ga cerita prosesnya karna kepanjangan nantinya.intinya mereka jadian! dari situ Rani merasa kalo dia berhutang budi sama gue karna gue udah bantu dia, dia jd akrab lagi sama gue, tanpa peduli sama intan, Rani udah kembali jadi Rani yang gue kenal, Rani yang lucu, rani yang cengeng, Rani yang aneh, Rani yang tomboy.

singkat cerita kita naik kelas 2 SMA gue ga sekelas sama Rani, tapi kita tetep sahabatan, Rani sekelas sama pacarnya,,, waah dia seneng bgt pasti bisa sekelas sama pacarnya :) sekarang curhatan dia udah agak sedikit berbeda,, lebih ada variasinya,, hhehe! karna sekarang bukan masalah keluarga aja yang dicurhatin, tapi ditambah lagi curhatin cowonya mulu, sampe panas ni kuping,,, hhihihi ! waktu pun terus berjalan, sampe pada suatu hari dia dateng ke kelas gue dan nyamperin gue sambil nangis-nangis, malu juga sih sama temen-temen yang lain pada ngeliatin gitu, gue kaget ada apalagi sih ni orang? perasaan tiap hari ngeluuuh mulu, susah mulu,,, hhheheh maap ran ! ternyata dia cerita kalo dia diputusin sama pacarnya,, sebagai temen yah gue harus berusaha menghibur temen yang lagi susah,, tapi Rani tetep aja ga terhibur,, yang ada dipikirannya cuma derry derry derrryyyyy mulu,, capek deeh ! baru setelah beberapa bulan dia bisa move on lagi.

singkat cerita lagi,,, sekarang kita udah kelas 3 SMA, rani ga sekelas sama gue, dia juga ga sekelas sama derry si mantan pacarnya itu. ternyata gue nyium aroma baru, di tahun ajaran baru ini, Derry kayanya lagi suka sama temen sebangku gue, namanya Fani (bukan nama asli) dan kayanya Fani juga punya sinyal yang sama,,, bagi gue pribadi sih ga masalah, karna itu ga ada hubungannya sama gue, tapi pasti bagi rani masalah bgt !! mending gue pura-pura ga tau aja deh daripada gue jd serba salah, karna Fani jg kan temen sebangku gue, ga enak juga kalo gue ikut campur, nanti gue dikira adu domba mereka bertiga, jadi mendingan gue pura-pura gak tau. dikelas 3 ini Rani kayanya ada masalah dengan keluarganya yang lumayan bikin dia jadi stess, saat itu dia ga cerita sama gue, sedikitpun dia ga cerita apa-apa tentang apa yang sedang terjadi sama dirinya, gue ga berusaha cari tau, karna gue jg ga mau terlalu ikut campur, takutnya ini masalah terlalu sensitive, karna masalah keluarga emang sensitive buat di denger sama orang lain. jadi gue diemin aja sampe dia yang cerita sendiri ke gue. tapi apa yang terjadi? dia ga cerita sama gue, dia malah tiba-tiba pamit sama gue untuk pindah sekolah, YA Allah Rani kamu ada apa sih? kok tiba-tiba pergi tanpa gue tau kenapa,,,, dari situ ya udah gue ga bisa berbuat apa-apa, lagipula kita masi tetep bisa berteman baik, karna saat gue SMA jaman udah mulai canggih, kita bisa sms-an, telepon-teleponan, YM-an, Facebookan dsb. pesan terakhir rani itu dia bilang "titip Derry ya cit, kalo ada berita apa-apa tentang dia tolong kasi tau gue, gue masi sayang sama dia"

saatnya kelulusan sekolah,,, meskipun Rani udah ga sekolah di tempat gue lagi tapi dia masi suka main ke sekolah gue, dan kita masi suka ketemu, makan bareng, nonton, main, dsb. sampe pas kelulusan sekolah kita sama-sama ngucapin selamat via sms :)


waktu pun tetap berjalan, sekarang gue udah kuliah, Rani juga udah kuliah, gue kuliah di Jakarta tepatnya di Univ. Islam Assyafi'iyah dan Rani kuliah di Univ. Veteran Cinere. dari sinilah perpisahan gue sama Rani dimulai, suatu hari Fani dan Derry main ke kampus gue, Fani sms "cil, lagi dimana? Fani boleh ga main ke kampus cilla? soalnya posisi Fani sekarang lagi deket sama kampus cilla" ya udah akhirnya gue bilang boleh-boleh aja, awalnya gue ga tau Fani dateng sama siapa, tiba-tiba pas dia dateng, gue liat dia dateng sama derry,,, agak kaget sih,, tapi gue diem aja dan ga mau tau, ga pengen nanya juga, gue serba salah soalnya, gue ga enak sama derry nya, sama Rani, sama Fani juga, gue tau mereka juga sebetulnya ga enak, karna mereka tau gue sahabat Rani tapi ya mau diapapin lagi, mereka kan emang pacaran, masa mau sembunyi-sembunyi. dan setelah kejadian itu tiba-tiba Rani ilang, dia ga pernah telepon gue, sms, ato apapun, facebook gue pun diremove sama dia, gue add lagi malah di ignore sama dia, what?? ada apa ini?? gue cari info kemana-mana ga ada yang tau Rani kenapa sama gue, sampe akhirnya gue dapet info dari Fajar (bukan nama asli) (mantan fika waktu di SMA). Fajar bilang katanya Rani pernah telepon dia, dan nanya "Fajar,, lo sakit hati ga liat Fani jadian sama temen deket lo sendiri (Derry) ? dan lo tau ga kenapa mereka bisa jadian? ini pasti karna cilla yah? diem-diem selama ini dia pasti udah nyomblangin Fani sama Derry, karna cilla kan temen sebangku Fani dari kelas 2, dia pasti tau kalo derry suka sama Fani atau sebaliknya, gue merasa ditusuk dari belakang sama cilla" denger ucapan Rani kaya gitu Fajar cuma diem aja, karna dia emang ga tau harus jawab apa, toh Fani udah jd mantannya, buat apa dia ngurusin lagi, tpi gue bener-bener kaget waktu dapet kabar dari Fajar kalo Rani ngomong gitu sma dia, Ya Allaaaahh salah aku apa,, kapan aku nyomblangin Fani sama derry? mereka jadian aja gue ga tau.... dan ga lama Fani juga bilang ke gue, dia tiba-tiba minta maaf " cill,, sorry yah kalo ternyata Fani jadian sama derry ini bikin hubungan cilla sama Rani jadi ga bersahabat lagi, Fani bener-bener ga da maksud cil, Fani juga udah minta maaf sama Rani, tapi Rani malah marah bgt sama Fani, Fani harap cilla ga kaya Rani, Fani harap cilla bisa ngertiin Fani dan derry" naah kan gue berasa orang penting bgt ga sih disini? hhehehe padahal urusannya apa sama gue? mau Fani pacaran sam derry kek, mau nikah kek ya bodo amat, tapi emang sih kok imbasnya jd ga enak gini yah, Rani malah nyangka selama ini gue yang nyomblangin Fani sama derry. dan semenjak saat itu sampe detik ini gue ga tau rani ada dimana,,,, gue yakin kalopun gue datengin ke rumahnya pasti dia ga akan nemuin gue, Rani itu orangnya keras, kepala batu, dan nekad. tapi sampe detik ini ternyata derry dan Fani masi pacaran, ckckck awet yah mereka, jadi pengen :) hhehehe

Ran,,, seandainya lo baca blog gue ini, gue cuma mau bilang,,, gue minta maaf kalo emang menurut lo gue salah, tapi gue bener-bener ga tau apa yang bikin lo jd menjauh sama gue, kalo emang semua karna Fani dan derry yang pacaran itu bukan salah gue ran, gue ga tau apa-apa tentang mereka. gue harap lo masih punya niat baik untuk silaturahmi lagi dan kita berteman lagi kaya dulu.



- sekian dulu cerita sahabat-sahabat gue yang sampe saat ini gue ga tau mereka ada dimana, sebetulnya ada satu lagi sih, namanya Ridwan, dia temen sekolah gue  waktu SMP, tapi karna gue udah pegel bgt ngetiknya, jadi mungkin gue akan cerita dilain kesempatan yah,,, doakan aja semoga mereka semua baik-baik aja dan selalu dalam lindungan Allah SWT :) Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar